get app
inews
Aa Read Next : Tohom Purba Optimis Satu Putaran Prabowo-Gibran

Sultan Deli IX Beri Nama Istana dengan Nama Sang Permaisuri Perlambang Cinta Sejati

Senin, 22 Agustus 2022 | 11:27 WIB
header img
Sultan Deli IX atau Sultan Ma’moen Al-Rasyid Perkasa Alamsyah memberi nama istana yang dibuatnya dengan nama permaisuri Siti Maimunah. (Foto: Okezone/Pradita)

Dari pantauan langsung Okezone saat berkeliling langsung Istana Maimun, istana dengan dominasi warna kuning keemasan ini dari luar memang tampak megah dan sangat luas, mengingat luas tanahnya memang mencapai 5 hektar.

Begitu masuk, cukup berjalan sedikit dan bisa langsung masuk ke ruangan utama. Ruangan utama ini, dikatakan Teuku sampai saat ini masih berfungsi sebagai ruang utama untuk pertemuan adat, diskusi dan tempat Sultan ke-14, Tuanku Sultan Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam Shah, menerima tamu-tamu penting seperti kepala negara contohnya.

Berjalan ke bagian ujung, terdapat dua kursi singgasana utama Sultan yang diberi boleh diduduki para pengunjung. 


(Ruang tamu tempat Sultan Deli menerima tamu dan berdiskusi, Foto: Okezone/Pradita)

Sedangkan pada bagian sisi kiri, terdapat juga beberapa koleksi perhiasan asli milik permaisuri Sultan. Seperti kalung, gelang, dan beberapa anting emas.

Istana Maimun ini memiliki desain interior yang unik, memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu Deli, dengan gaya Islam, Spanyol, India, Belanda, dan Italia.

Ruangan utama istana memang megah, luas, dan dilengkapi chandelier atau lampu kristal tinggi menjuntai, bahkan hingga tempat pelaminan untuk pengantin.

Namun sayangnya, ruangan utama ini di sisi pinggir kanan, kiri, hingga ujung ruangan dipenuhi toko-toko cenderamata dan toko penyewaan busana adat.

Dari keterangan Teuku, semua yang berjualan di dalam Istana Maimun ini masih merupakan keluarga keturunan Kesultanan Deli. Sejalan dengan rumah-rumah di sekitar komplek wilayah Istana Maimun, yang ternyata adalah rumah-rumah tinggal dari para keluarga keturunan Sultan Deli.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut