get app
inews
Aa Read Next : Ibu Hamil Tua di Serdang Bedagai Dibegal, Pelaku Cangkul Kepala Korban 

Kisah M Panggabean, Jenderal Batak yang Jejerkan 12 Begal BHL di Tepi Jalan Siantar-Balige  

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 12:55 WIB
header img
Jenderal TNI M Panggabean (tengah) adalah salah tokoh Batak berpangkat jenderal lengkap empat bintang di pundaknya. Foto: Dok/Ist

DELI SERDANG, iNewsDeliRaya.id - Jenderal TNI M Panggabean adalah salah tokoh Batak berpangkat jenderal lengkap empat bintang di pundaknya. 

Nama lengkapnya adalah Jenderal Maraden Saur Halomoan Panggabean lahir di Hutatoruan sebuah kampung yang terletak di lembah Silindung yang berjarak tujuh kilometer dari Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.

Maraden adalah anak kedua dari 10 bersaudara. Ayahnya bernama Marhusa, gelar Patuan Natoras dengan marga Panggabean dan ibunya bernama Katharina bermarga Panjaitan
 

Jenderal TNI M Panggabean pernah menjadi Panglima ABRI dan selepas dari dunia militer dia pernah menjadi Menteri Pertahanan dan Keamanan dalam Kabinet Pembangunan II serta Menteri Koordinator Politik dan Keamanan dalam Kabinet Pembangunan III. Selanjutnya pada tahun 1983—1988, menjabat Ketua Dewan Pertimbangan Agung (DPA).

Setiap tokoh militer mempunyai kisah saat melaksanakan tanggung jawab penugasan, termasuk yang dialami Jenderal TNI M Panggabean.

Pada Februari akhir 1959 Komandan Batalion 104 Waringin Brigade Tapanuli, TT I Bukit Barisan Mayor Maraden Panggabean mendapat perintah untuk memindahkan pasukannya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Deliraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut