get app
inews
Aa Read Next : Betharia Sonata Alami Gejala Stroke Bagian Wajah, Willy Dozan: Akibat Diabetes Kader Gula hingga 300

Penyadap Ilegal Getah Pohon Tusam Ancam Kerusakan Hutan Lindung di Gunung Meriah

Senin, 12 September 2022 | 09:55 WIB
header img
Pohon Tusam seperti ini di kawasan Hutan Lindung di Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Deli Serdang, terancam mengalami kerusakan.dan kematian akibat disadap secara ilegal. Foto: Ist

 

 

 

 

Hal itu, diketahui truk.pengangkut dan penderes Pohon Tusam itu malah melakukannya secara terang-terangan. Meraka seolah-olah tidak takut melakukan penyadapan dan pengangkutan getah Pohon Tusam ilegal tersebut.

Selain itu, penderes Pohon Tusam ilegal di hutan lindung Desa Simempar Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Deli Serdang juga ditengarai sengaja didatangkan dari Magelang Jawa Tengah. 

Menurut salah seorang warga, S Sembiring kepada wartawan mengatakan, ada juga sebanyak lima warga yang menyadap getah Pohon Tusam dari Magelang Pulau Jawa dan hasil sadapan illegal itu diangkut keluar desa menggunakan satu unit truk colt diesel dan mobil pick up Daihatsu Hiline.

"Sekarang ini kelima orang dari Pulau Jawa itu masih menderes getah Tusam di hutan,”kata S Sembiring.

Dia berharap pihak pihak Kepolisan dapat turun ke lokasi untuk mengamankan para pelaku pencurian getah tusam dari kawasan hutan Gunung Meriah.

“Pak Kapolda Sumut dan Kapolresta Deli Serdang tolong tangkap pelaku dan pihak-pihak yang menyuruh dan melindungi penyadapan secara ilegal itu,"harap Sembiring dan sejumlah warga Desa Simempar lainnya

Editor : Sartana Nasution

Follow Berita iNews Deliraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut