get app
inews
Aa Read Next : Usai Hubungan Badan, Suami Tega Gorok Leher Istri hingga Tewas  

Apa Hukumnya Bila Istri Ingin Hubungan Badan Namun Suami Menolak, Begini Penjelasan Ulama

Kamis, 13 Oktober 2022 | 14:01 WIB
header img
Apa hukumnya bila istri ingin hubungan badan namun suami enggan memenuhinya? Foto: Freepik

DELI SERDANG, iNewsDeliRaya.id -  Apa hukumnya bila istri ingin hubungan badan namun suami enggan memenuhinya? Selama ini yang banyak diketahui Muslim yakni kewajiban istri memenuhi kebutuhan biologis suami.

Bahkan ada hadis yang masyhur yakni  bahwa apabila suami mengajak istri berhubungan, kemudian istri menolak padahal mampu melayani suami, maka ada ancaman yang cukup besar.

Pertanyaanya kini apakah ada ancaman yang sama bila suami menolaj ajakn istri berhubungan badan?

Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, 

إِذَا دَعَا الرَّجُلُ امْرَأَتَهُ إِلَى فِرَاشِهِ فَأَبَتْ فَبَاتَ غَضْبَانَ عَلَيْهَا لَعَنَتْهَا المَلاَئِكَةُ حَتَّى تُصْبِحَ

“Jika seorang suami mengajak istrinya ke tempat tidurnya (untuk digauli), lalu sang istri tidak memenuhi ajakannya, lantas sang suami tidur dalam kondisi marah terhadap istrinya, maka malaikat melaknat sang istri hingga subuh” (HR. Bukhari dan Muslim).

Beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda, 

إِذَا بَاتَتِ الْمَرْأَةُ، هَاجِرَةً فِرَاشَ زَوْجِهَا، لَعَنَتْهَا الْمَلَائِكَةُ حَتَّى تُصْبِحَ

“Jika seorang wanita tidur meninggalkan tempat tidur suaminya (yaitu tidak menemani suaminya), maka malaikat melaknatnya hingga pagi hari” (HR. Muslim).

Ustaz Raenul Bahraen menjelaskan, hadis-hadis di atas menjelaskan bahwa ancaman yang keras karena dampak dari penolakan itu juga sangat berbahaya, baik bagi suami maupun keberlangsungan rumah tangga. Sebagaimana diketahui, syahwat laki-laki itu sangat mudah terpacu dan apabila tidak disalurkan, bisa jadi dia menyalurkan di tempat lainnya yang tidak halal. Bisa jadi juga akan muncul rasa benci terhadap istrinya, terlebih sang suami berpikir akan selingkuh mencari wanita lain.

Muncul pertanyaan, bagaimana kalau sebaliknya yaitu istri yang mengajak suami berhubungan intim? Apakah suami wajib menunaikan ajakan istri? Apakah suami akan dilaknat juga apabila menolak?

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Deliraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut