get app
inews
Aa Read Next : Tohom Purba Optimis Satu Putaran Prabowo-Gibran

Gagal Ginjal Akut, Obat Sirop di Apotek dan RS di Medan Ditarik Semua

Kamis, 20 Oktober 2022 | 11:05 WIB
header img
Apotek dan rumah sakit di Kota Medan menarik semua obat bebas dalam bentuk sirop kepada masyarakat buntut kasus gagal ginjal akut.  (Foto: Antara)

MEDAN, iNewsDeliRaya.id - Apotek dan rumah sakit di Kota Medan menarik semua obat bebas dalam bentuk sirop kepada masyarakat buntut kasus gagal ginjal akut.   

Dari pantauan iNews, apotek yang ada di Kota Medan terlihat sudah menarik dan tidak menjual obat yang sementara waktu dilarang itu. 

Hal ini juga menyusul instruksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) seluruh apotek di Indonesia menyetop sementara penjualan semua obat bebas dalam bentuk sirop. 

Hal serupa juga terjadi di ruangan farmasi rumah sakit RSUD Pirngadi Medan yang sudah tidak menyedikan paracetamol sirop. 

"Instruksi dari Kemenkes itu tidak diperbolehkan memberikan parasetamol sirop. Penyebab (gagal ginjal) itu kan belum pasti. Kami menunggu instruksi selanjutnya, jadi kami tunda pemakaian paracetamol sirop," ucap Kepala RSUD Pirngadi Medan, Kamis (20/10/2022).

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Provinsi Sumut mencatat enam angka kematian karena gagal ginjal akut misterius. Kadinkes Sumut Ismail Lubis pun mengatakan, telah mengederkan surat dari Kemenkes soal larangan memberikan obat paracetamol berbentuk sirop yang mengandung etilen glikol (eg). 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Deliraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut