get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Tegaskan Lagi Sejak Awal Minta Usut Tuntas Kasus Brigadir J, Jangan Ragu-Ragu

IPW Desak Kapolri Cabut Izin Seluruh Kompetisi Liga yang Digelar PSSI

Minggu, 02 Oktober 2022 | 09:39 WIB
header img
Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang yang menewaskan 127 orang.(Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsDeliRaya.id  - Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mencabut izin penyelenggaraan sementara seluruh kompetisi liga yang dilakukan PSSI sebagai bahan evaluasi. 

Hal ini menyusul tragedi nasional terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang usai Derby Jawa Timur Arema FC kontra Persebaya Surabaya di pekan ke-11 liga 1 2022/2023.


Disamping, menganalisa sistem pengamanan yang dilaksanakan oleh aparat kepolisian dalam mengendalikan kericuhan di sepak bola. 

" Pasalnya, kericuhan dalam tragedi tragis itu berawal dari kekecewaan suporter tim tuan rumah yang turun ke lapangan tanpa dapat dikendalikan oleh pihak keamanan. Bahkan, aparat kepolisian yang tidak sebanding dengan jumlah penonton, secara membabi buta menembakkan gas air mata sehingga menimbulkan kepanikan terhadap penonton yang jumlahnya ribuan," ujar Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso dalam keterangan tertulisnya, Minggu (2/10/2022).

Akibatnya, banyak penonton yang sulit bernapas dan pingsan. Sehingga, banyak jatuh korban yang terinjak-injak di sekitar Stadion Kanjuruhan Malang. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Deliraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut