get app
inews
Aa
Read Next : Pengelola 714,90 Hektar Kebun di Pantai Labu Bantah Penelantaran Lahan

Dosa Ghibah Membuat Pelaku Jadi Bangkrut di Akhirat, Begini Maksudnya

Rabu, 28 September 2022 | 11:22 WIB
header img
Dosa ghibah atau gosip membuat pelakunya akan bangkrut di akhirat bagaimana maksudnya? Foto: Freepik/Ilustrasi

DELI SERDANG, iNewsDeliRaya.id - Dosa ghibah atau gosip membuat pelakunya akan bangkrut di akhirat bagaimana maksudnya? Zaman sekarang dengan kecanggihan tekonologi maka ghibah malah semakin gencar dilakukan oleh pelaku, malah seolah dianggap hal yang biasa-biasa saja. 

Ghibah perilaku dilarang Allah Azza wa Jalla. Mengapa karena perbuatan ini pada dasarnya sama sekali  tidak ada nilai manfaat dan akan menimbulkan fitnah karea membicarakan keburukan orang lain yang belum tentu benar. 

Dalam penjelasan Alquran, mencari-cari kesalahan orang lain disebut dengan istilah tajassasu (tajassus). Membuka aib saudara Muslim dan tajassus ini merupakan penyakit hati yang menyertai hasad dan iri dengki. 

Jika penyakit ini makin dibiarkan akan timbul buruk sangka dan tergolong sifat yang amat dibenci Allah Subhanahu wa ta'ala dan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

"Orang seperti ini habis amalnya," ucap pendakwah asal Sulawesi Selatan Ustadz Das'ad Latif dalam tausiyahnya, seperti dikutip dari kanal YouTube-nya Das’ad Latif.

Dalam riwayat hadis dari Abu Bakrah ia berkata: "Aku berjalan bersama Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam hingga melewati dua kuburan, lalu beliau bersabda: 'Siapakah yang dapat mengambilkan untukku pelepah kurma?' Aku pun dapat mendahului laki-laki lain dengan membawa pelepah tersebut, lalu kami memberikannya kepada beliau, beliau membelahnya menjadi dua, dan meletakkannya masing-masing kuburan tersebut satu-satu, sambil bersabda: '(Semoga) ia diringankan (siksanya) selagi pelepah tersebut masih basah.' Kemudian beliau melanjutkan sabdanya: 'Sesungguhnya keduanya sedang disiksa lantaran ghibah dan (tidak bersuci dari) kencing'." (HR Ahmad)

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Deliraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut