Logo Network
Network

Buang Air Kecil Lalu Abai Membersihkan Jadi Pintu Masuk Siksa Kubur

Tim iNews.id
.
Jum'at, 09 September 2022 | 10:43 WIB
Buang Air Kecil Lalu Abai Membersihkan Jadi Pintu Masuk Siksa Kubur
Buang air kecil atau kencing lalu begitu saja selesai tanpa membersihkan hadas kecil maka perkara itu jangan dianggap remeh. Foto: Dok

JAKARTA, iNewsDeliRaya.id - Buang air kecil atau kencing lalu begitu saja selesai tanpa membersihkan hadas kecil maka perkara itu jangan dianggap remeh. Mengapa karena sikap abai tersebut menjadi pintu masuk siksa kubur karena kencing.

Agama Islam sudah mengajarkan dengan gamblang dan lengkap menjaga kesucian dan kebersihan sehari-hari sebagai Muslim.

Tak banyak yang tahu bahwa siksa kubur ternyata kebanyakan disebabkan oleh buruknya cara kita bersuci, seperti halnya saat buang air kecil atau kencing.

Adanya siksa kubur wajib kita yakini sebagai orang mukmin, oleh karenanya kita wajib menghindari diri dari azab kubur dengan memperbaiki cara kita bersuci.


Dalam hadits yang disebutkan oleh Ibnu Hajar Al-Asqolani dalam Kitab Bulughul Marom pada bab 'Buang Hajat', bahwasanya: 

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – – اِسْتَنْزِهُوا مِنْ اَلْبَوْلِ, فَإِنَّ عَامَّةَ عَذَابِ اَلْقَبْرِ مِنْهُ – رَوَاهُ اَلدَّارَقُطْنِيّ

وَلِلْحَاكِمِ: – أَكْثَرُ عَذَابِ اَلْقَبْرِ مِنْ اَلْبَوْلِ – وَهُوَ صَحِيحُ اَلْإِسْنَاد ِ

Artinya: Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; “Bersihkanlah diri dari kencing. Karena kebanyakan siksa kubur berasal dari bekas kencing tersebut,” (HR. Ad-Daruquthni).

Dalam riwayat lain oleh Al Hakim Rasulullah bersabda: “Kebanyakan siksa kubur gara-gara (bekas) kencing,”.

Ad-Daruquthni mengatakan bahwa yang benar hadits ini mursal. Sanad hadits ini tsiqoh selain Muhammad bin Ash Shobah. Imam Adz Dzahabi berkata dalam Al Mizan bahwa hadits dari Muhammad bin Ash Shobah ini munkar. Seakan-akan beliau merujuk pada hadits ini.

Sedangkan lafazh kedua dikeluarkan oleh Ahmad, Ad Daruquthni, dan Al Hakim dari jalur Abu ‘Awanah, dari Al A’masy, dari Abu Sholih, dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kebanyakan siksa kubur karena kencing.”

Follow Berita iNews Deliraya di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini