get app
inews
Aa Read Next : Buaya Ganas Terkam Seorang Ibu hingga Tewas di Madina

Atika Azmi Utammi Nasution Jadi Wakil Bupati Mandailing Natal Termuda, Dilantik Saat Usia 27 Tahun

Selasa, 23 Agustus 2022 | 11:33 WIB
header img
Atika Azmi Utammi Nasution menjadi wakil bupati termuda dengan usia 27 tahun. Foto: Ist

MANDAILING NATAL, iNewsDeliRaya.id - Atika Azmi Utammi Nasution menjadi wakil bupati termuda dengan usia 27 tahun.

Atika Azmi menjabat sebagai wakil bupati Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara merupakan lulusan dari luar negeri.

Atika ditetapkan oleh KPU Madina pada rapat pleno terbuka di Aula KPU Madina, Senin, 3 Mei 2021. Dia merupakan wakil dari HM Jakfar Sukhairi Nasution politisi asal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati Madina. 

Pasangan HM Jakfar Sukhairi-Atika Azmi dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin, Medan, Kamis, 22 Juli 2021 silam.  

Atika Azmi Utammi Nasution merupakan putri Khoiruddin Nasution dan Hamidah Lubis, salah satu tokoh masyarakat Mandailing Julu. Akrab dipanggil dengan nama Tika Nasution, ia merupakan anak kedelapan dari sembilan bersaudara. 

Atika Azmi Utammi Nasution lahir di Kotanopan, Madina pada 1 Desember 1993. Ia merupakan lulusan luar negeri Kota Sydney Australia.  S1 Bachelor Of Applied Finance Sydney Australia dan S2 Master Of Finance Sydney Australia. 

Atika memulai karier politik pada tahun 2017 lalu, setelah pulang dari Australia dengan tujuan membangun kampung halamannya, yaitu Kabupaten Mandailing Natal (Madina). 

Dalam panggung politik di Kabupaten Madina, nama Atika Azmi masih baru dikenal masyarakat, tapi setelah memutuskan maju di Pilkada Madina popularitas Atika Azmi langsung naik. 

Dia pun dilirik oleh tiga partai politik, yang lantas mengusungnya dalam Pilkada Madina pada Desember 2020 yang lalu. 

Pertarungan politik perdana bagi Atika cukup berliku. Pilkada Madina 2020 berlangsung sulit, bahkan sampai harus dua kali bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK). 

Hal tersebut terjadi setelah adanya gugatan sengketa hasil Pilkada Serentak 2020. Hasilnya MK memerintahkan KPU Madina untuk melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU). 

PSU Pilkada Madina digelar di tiga TPS pada hari Sabtu, 24 April 2021. Berdasarkan hasil PSU, pasangan Jakfar Sukhairi Nasution-Atika Azmi Utammi unggul dari pasangan Dahlan Hasan Nasution-Azwin. 

Hasil perolehan suara di 3 TPS yang melaksanakan PSU dan 1.005 TPS lainnya, pasangan Jakfar-Atika memperoleh 79.156 suara, dan pasangan Dahlan-Aswin mendapat 79.002 suara. 

Hasil PSU Pilkada Madina ini pun kembali digugat ke MK. Tetapi pada 3 Juni 2021 lalu, MK memutuskan menolak permohonan pasangan Dahlan-Aswin. 

KPU Madina kemudian menetapkan pasangan HM Jakfar Sukhairi Nasution dan Atika Azmi Utammi Nasution sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pilkada 2020.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut