get app
inews
Aa Read Next : PKN Sumut Gelar Aksi Pemilu Damai

Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-78, Timbul Limbong Siap Berkolaborasi Kesejahteraan Buruh di Sumut

Sabtu, 19 Agustus 2023 | 12:15 WIB
header img
Ketua KSPSI Sumut versi Yoris, Timbul Limbong

MEDAN, iNewsDeliraya.id- Dua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) di Sumatera Utara yakni DPD KSPSI AGN atau pimpinan Andi Gani Nuwawea dan DPD KSPSI pimpinan Yoris Raweyai, berkolaborasi dan bertekad untuk tingkatkan kesejahteraan para pekerja/buruh di Sumut. Dalam acara yang mengambil tema “Semangat Kemerdekaan Mempersatukan Serikat Pekerja Demi Kesejahteraan Pekerja di Sumatera Utara”, 

Tekad kedua KSPSI untuk berkolaborasi dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh di Sumut, terungkap dalam kegiatan peringatan Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-78, yang digelar DPD KSPSI AGN atuc di Stadion Cafe, Jalan Jati II Medan Kota, Kamis (17/8).

Ketua KSPSI AGN atuc TM Yusuf menyampaikan bahwa mereka dari dua konfederasi telah bersepakat dan bertekad untuk memajukan kesejahteraan buruh di Sumut dengan menggunakan langkah-langkah yang legal.

“Untuk membawa kesejahteraan pada buruh, tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja. Kita perlu bersatu, berkolaborasi dan berjuang bersama agar hak-hak buruh dapat terpenuhi dan buruh dapat lebih sejahtera. Itu yang diperintahkan para pimpinan serikat kami di pusat untuk di jalankan di daerah-daerah,” kata TM Yusuf.

Kedepan, lanjut Yusuf, dua konfederasi serikat pekerja terbesar di Indonesia ini akan membentuk tim delegasi, tim negosiator untuk bertemu dengan pemerintah dan asosiasi-asosiasi pengusaha dalam rangka mengupayakan adanya peningkatan upah dan perlindungan pada buruh agar buruh lebih bermartabat dan sejahtera.

“Karena saat ini tahun politik, kita upayakan tidak turun ke jalan untuk memperjuangkannya demi menjaga kondusifitas dan keamanan jelang pemilu. Langkah yang kita gunakan yakni langkah persuasif dengan cara bertemu dan berdialog dengan para pemangku kepentingan,” ucapnya.

Sementara Ketua KSPSI Sumut versi Yoris, Timbul Limbong, menyatakan agar ada peningkatan dalam kesejahteraan buruh di Indonesia dan khususnya di Sumut, diperlukan adanya perubahan dalam sistem pengupahan dan aturan ketenagakerjaan lainnya agar lebih memihak pada buruh.

“Kita melihat sistem yang ada sekarang ini masih kurang memihak pada buruh. Karenanya kita dari beberapa konfederasi telah bersepakat untuk berjuang bersama agar sistem yang ada lebih berpihak pada buruh, sehingga kaum buruh dapat merasakan makna kemerdekaan RI yang sudah 78 tahun,” ujarnya.

Kasat Binmas Polrestabes Medan Kompol Kamdani Siregar, dalam sambutannya di acara ini mengucapkan terima kasih atas undangan dari KSPSI kepada kepolisian untuk menghadiri acara ini. Ia mengatakan bahwa antara buruh dan kepolisian adalah teman/sahabat dan bukan musuh.

“Kalau selama ini antara buruh dan polisi selalu berhadap-hadapan dilapangan, itu adalah karena tugas kami kepolisian harus menjaga keamanan dan kondusifitas, bukan untuk menghalangi aspirasi buruh,” katanya.

Hal yang sama disampaikan Kasubdit III Intelkam Polda Sumut Dr AKBP H Syamsul Siregar SH MH. Dalam arahannya ia meminta para pekerja/buruh, terutama yang telah tergabung dalam serikat pekerja/serikat buruh untuk lebih mengutamakan dialog ketimbang aksi dalam setiap penyampaian aspirasi.

“Pihak kepolisian akan mengawal aspirasi yang ingin disampaikan teman-teman buruh kalau aspirasi itu disampaikan dengan cara yang baik. Pengurus SB/SP di Sumut mungkin telah banyak yang kenal saya, dan saya akan bantu bagaimana aspirasi yang ingin disampaikan bisa diterima dengan baik oleh pihak yang menjadi pemangku kepentingan,” ujarnya.

Samsul mengajak semua pihak, termasuk kaum buruh/pekerja untuk menjaga keamanan dan kondusifitas Sumut, apalagi saat ini telah memasuki tahapan-tahapan Pemilu.

“Keamanan dan kondusifitas itu sangat dibutuhkan agar pembangunan bisa berjalan dengan baik, agar investor banyak masuk berinvestasi sehingga kesempatan kerja semakin besar,” imbuhnya.

Acara peringatan Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 78 DPD KSPSI AGN atuc yang dipandu oleh Muhammad Syahrul (Ketua PD FSP KAHUT KSPSI AGN atuc Sumut) ini diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ustad Zulkarnaen serta dilanjutkan dengan menyayikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta.

Acara dimeriahkan dengan berbagai perlombaan yang diikuti oleh pengurus dan anggota KSPSI AGN atuc Sumut, seperti lomba lari dalam sarung, makan kerupuk, tarik tambang dan lainnya. Perlombaan itu diadakan selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 78, juga dimaksudkan untuk meningkatkan kekompakan dan kesolidan sesama anggota serikat pekerja. 

Hadir pada acara ini Kasubdit 3 Intelkam Polda Sumut Dr AKBP H Samsul Siregar SH MH mewakili Kapolda Sumut, Kanit V Intelkam Polda Sumut Kompol Sunaryo, Kasat Binmas Polrestabes Medan Kompol Kamdani Siregar MH mewakili Kpolrestabes Medan, Ketua DPD KSPSI AGN atuc Sumut Tengku Muhammad Yusuf, Ketua DPD KSPSI Sumut versi Yoris, Timbul Limbong SH MH.

Hadir juga Dirut BPJS Ketenagakerjaan wilayah Sumbagut, Hengki beserta staf, pengurus DPC KSPSI Kabupaten Deliserdang dan Langkat, serta pengurus dan anggota seluruh FSP KSPSI AGN atuc Sumut.

 

Editor : Sadam Husin

Follow Berita iNews Deliraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut