get app
inews
Aa Read Next : Kunjungan Ganjar ke Pondok Pesantren Darularafah Raya di Deli Serdang

Pleno DPHP Pemilu 2024 se Kecamatan Sunggal Sukses

Sabtu, 01 April 2023 | 11:59 WIB
header img
Rapat pleno terbuka berjalan lancar dan sukses.

DELISERDANG, iNewsDeliraya.id- Tahapan pesta demokrasi sudah memasuki tahap rapat pleno terbuka daftar pemilih hasil perbaikan (DPHP) di masing-masing kelurahan dan desa. Di Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang, ada 17 desa yang menggelar pleno DPHP secara serentak.

Rapat pleno terbuka ini pun diikuti perwakilan 18 Partai Politik (Parpol) yang ada di setiap kelurahan dan desa. Selain itu, rapat pleno juga dihadiri Perangkat Pemerintahan Kelurahan/Desa, Aparat Hukum, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) hingga Pengawas Kelurahan Desa (PKD) serta Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Meski sempat diwarnai interupsi dan saran dari peserta Pemilu 2024, namun rapat pleno terbuka itu tetap berjalan lancar dan sukses.

Anggota PPK Sunggal, M Andi Yusri mengatakan rapat pleno terbuka DPHP ini digelar serentak pada hari Jumat untuk seluruh desa di Kecamatan Sunggal dan berjalan sukses.

"Memang ada sempat beberapa dari peserta Pemilu 2024 ini bertanya mengenai jumlah pemilih yang tidak sinkron dan yang belum dicoklit. Tapi itu sudah clear dan kita jelaskan. Karena ini masih awal untuk perbaikan data pemilih menuju 14 Februari 2024 nanti," terangnya saat ditemui di Aula Kantor Desa Helvetia Kecamatan Sunggal, Sabtu (1/4/2023) siang.

Dia berharap kepada Peserta Pemilu dapat membantu mensosialisasikan kepada warga yang belum terdaftar sebagai pemilih untuk dilaporkan atau mendatangi ke Sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa masing-masing atau ke Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kantor Kecamatan Sunggal.

"Bisa juga dicek melalui website dengan mengklik link cekdptonline.kpu.go.id. Dari situ nanti akan muncul kita sudah terdaftar atau belum di TPS mana. Kalau belum, jangan khawatir, tapi segera mendatangi Sekretariat PPS untuk dilaporkan," ujar Andi.

Sementara itu, Ketua PPS Desa Helvetia, Natanael Marbun merincikan hasil rekapitulasi daftar pemilih hasil perbaikan Desa Helvetia yakni jumlah TPS 48, pemilih aktif berjumlah 11898, pemilih baru 349, pemilih yang tidak memenuhi syarat 485, dan perubahan data pemilih 12.

Selain itu, Ketua PPS Desa Muliorejo, M Amirullah menyampaikan hasil rekapitulasi daftar pemilih hasil perbaikan Desa Muliorejo yakni jumlah TPS 96, pemilih aktif berjumlah 23957, pemilih baru 2595, pemilih yang tidak memenuhi syarat 2798, dan perbaikan data pemilih 66, dan pemilih potensial non KTP-el 52.

Proses rapat pleno terbuka DPHP ini berjalan lancar dan sukses di 17 desa se Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang dengan dihadiri Ketua PPK Sunggal, Uswatun Hasanah Harahap saat memonitoring di Desa Sei Mencirim dan Ketua Panwascam Sunggal, Kamal Idris memonitoring di Desa Muliorejo.

Editor : Sadam Husin

Follow Berita iNews Deliraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut