get app
inews
Aa Read Next : Pengelola 714,90 Hektar Kebun di Pantai Labu Bantah Penelantaran Lahan

Perjalanan Panjang Klopp Membangun Liverpool

Senin, 22 Agustus 2022 | 13:40 WIB
header img
Perjalanan Panjang Klopp Membangun Liverpool. (Foto: Liverpool)

PERJALANAN panjang Klopp membangun Liverpool menjadi hal menarik disimak bagaimana dia meramu tim. 

Jurgen Klopp, mungkin pensiun setelah tidak lagi menukangi Liverpool tim yang bermarkas di Kota Merseyside tersebut. Klopp berencana untuk libur melatih selama setahun dan ia akan pensiun jika tidak lagi merindukan sepak bola.


Jurgen Klopp (Foto: Reuters)

Klopp belum lama ini memperpanjang kontraknya di Liverpool. Manajer berpaspor Jerman itu akan tetap melatih Liverpool hingga 30 juni 2024. Klopp akan meninggalkan Liverpool setelah kontraknya habis.

Manajer yang identik dengan brewok itu ingin cuti dari dunia kepelatihan selama setahun. Waktu cuti akan menjadi momen bagi Klopp untuk bertanya kepada diri sendiri soal hasratnya terhadap sepakbola.

Klopp akan pensiun jika dirinya merasa sudah cukup berkecimpung di dunia yang membesarkan namanya tersebut. Hal itu akan membuat Liverpool menjadi klub terakhir untuk juru taktik berumur 53 tahun tersebut.

"Saya akan mengambil cuti setahun dan bertanya pada diri sendiri apakah saya merindukan sepakbola. Jika tidak, itu akan menjadi akhir dari pelatih Jurgen Klopp," kata Klopp kepada Sport Buzzer, Selasa (18/8/2020).

"Jika suatu hari saya tidak lagi menjadi pelatih, ada satu hal yang tidak akan saya lupakan, ketegangan brutal sesaat sebelum pertandingan,” tuturnya.


Pelatih liverpool, Jurgen Klopp. (Foto: REUTERS/Peter Powell)

Juru taktik berpaspor Jerman itu telah memberikan banyak hal untuk Liverpool sejak ditunjuk sebagai pelatih pada 8 Oktober 2015. Klopp berjasa besar dalam membangun filosofi permainan The Reds –julukan Liverpool.

Namun, awal perjalanan Klopp bersama Liverpool tidaklah mudah. Klopp gagal membawa Liverpool meraih trofi pada tahun pertamanya meski tampil di final Piala Liga Inggris dan Liga Eropa 2015-2016.

Klopp baru berhasil memberikan trofi pertama untuk Liverpool pada akhir musim 2018-2019 dengan membawa The Reds menjuarai Liga Champions. Trofi Liga Champions adalah permulaan bagi Liverpool. The Reds meraih prestasi lain setelahnya, yakni menjuarai Piala Super Eropa 2019, Piala Dunia Klub 2019, dan Liga Inggris 2019-2020.

Trofi Liga Inggris mungkin merupakan prestasi terbaik Klopp hingga sekarang. Sebab, itu mengakhiri 30 tahun penantian panjang Liverpool untuk kembali menjadi raja di kompetisi terelite di Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Deliraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut