get app
inews
Aa Read Next : Kisah Bung Karno Minta Pemimpin Uni Soviet Temukan Makam Ulama Imam Bukhari

Mayor Jenderal Moersjid Postur Tinggi Besar Disegani Presiden Soekarno

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
header img
Mayor Jenderal Moersjid begitu disegeni Presiden Soekarno atau Bung Karno. Foto: Wikipedia

JAKARTA, iNewsDeliRaya.id-  Mayor Jenderal Moersjid begitu disegeni Presiden Soekarno atau Bung Karno. Wafatnya Letnan Jenderal A Yani dan beberpa jenderal lainya pada tragedi memilukan Gerakan 30 September 1965 oleh PKI mengharusnya ada penggantinya sebagai Menteri/Panglima AD (Menpangad). 

Secara struktural Mayor Jenderal Moersjid saat itu menduduki posisi kedua setelah Letjen TNI Ahmad Yani seharusnya yang naik ke kursi tersebut.

Sayangnya, hal tersebut ditentang oleh Presiden Soekarno lantaran Moersjid dianggap sosok yang pemarah.Lantas, siapa itu Moersjid? Mari mengenal Moersjid, jenderal pemarah yang sangat disegani Soekarno.

Mayor Jenderal Moersjid merupakan seorang perwira tinggi TNI AD yang lahir di Jakarta pada 10 Desmeber 1924, namun menurut keluarganya Moersjid lahir pada 1925. Ia terlahir dari pasangan Alip Kartodarmodjo yang merupakan warga Bagelen, Jawa Tengah, dengan Djawahir yang merupakan waga asli Betawi.

Ia memiliki tinggi 185 cm dengan berat 120 kg. Karir Moersjid dalam dunia tentara berawal saat dirinya menjadi salah satu anggota tentara PETA. Saat itu ia berdinas di Bogor dengan pangkat shodanco atau bisa dikatakan setara dengan komandan peleton.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut