Logo Network
Network

Menu Sarapan Pagi Nabi Muhammad SAW Sederhana dan Tidak Ribet, tapi Bertenaga Sepanjang Hari  

Tim iNews.id
.
Kamis, 01 September 2022 | 14:34 WIB
Menu Sarapan Pagi Nabi Muhammad SAW Sederhana dan Tidak Ribet, tapi Bertenaga Sepanjang Hari  
Sarapan pagi Nabi Muhammad SAW mudah dan tidak ribet. (Foto: Shutterstock)

NABI Muhammad shallallahu 'alahi wa sallam (SAW) seperti manusia lainnya juga membutuhkan sarapan pagi. Sarapan pagi saat ini beraneka macam dan mudah ditemui.

Namun sarapan pagi Nabi Muhammad shallallahu 'alahi wa sallam tidak mewah dan sangat sederhana. 

Namun apa yang dikonsumsi beliau  membuat tubuh bertenaga sepanjang hari. Intinya sarapan Nabi Muhammad shallallahu 'alahi wa sallam mudah dan tidak ribet.

Peneliti sejarah Islam dari Brain Community Muhammad Hafi mengatakan, dalam hal kesehatan, Nabi memang memiliki perhatian khusus. Baik kesehatan jasmani dan rohani selalu menjadi perhatian khusus.

"Ditengah akvitasnya dalam memimpin umat, Nabi memiliki aktivitas yang diatas rata-rata orang biasanya," ujar Hafi.

Kata Hafi, Nabi menjadikan segelas air dicampur dengan madu asli sebagai menu sarapan. Hal ini sesuai dengan yang tertulis dalam Alquran bahwa madu merupakan syifaa atau obat. 

Belakangan, banyak penelitian menyimpulkan bahwa madu juga berfungsi membersihkan lambung serta mengaktifkan usus-usus sehingga pencernaan menjadi lancar.

"Tentunya zaman dulu belum ada penelitian tentang hal tersebut, namun Rasulullah telah melakukannya," kata Hafi.

Tak hanya itu, Nabi juga menganjurkan untuk mengonsumsi kurma pada pagi hari saat sarapan. Kata Hafi, khasiat zat dalam kurma mampu menghilangkan racun dalam tubuh.

"Sebagaimana hadist nabi yang berbunyi, barang siapa sarapan dengan memakan beberapa kurma ajwa maka pada hari itu sihir dan racun tidak akan berpengaruh baginya," ujar Hafi.

Hafi juga menyebut, banyak sekali hal yang dilakukan Rasulullah untuk menjaga kesehatan. Di antaranya mengatur waktu istirahat dan berolahraga. Sebagai umatnya, tentunya harus meniru perbuatan Nabi.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Deliraya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.