JAKARTA, iNews.DeliRayaid – Akses terhadap layanan publik kini makin mudah dijangkau. PT Pos Indonesia (Persero) dan Sampoerna Retail Community (SRC) menjalin sinergi strategis untuk memperluas distribusi meterai resmi melalui jaringan Toko SRC di berbagai daerah. Program ini resmi diluncurkan pada 7 Juli 2025 dan menjadi bagian dari upaya memperkuat peran UMKM dalam mendukung layanan publik.
Melalui kolaborasi ini, masyarakat kini dapat membeli meterai asli di toko kelontong mitra SRC yang tersebar di seluruh Indonesia.
“Dengan jaringan toko kelontong yang tersebar di seluruh Indonesia, kami ingin Toko SRC yang merupakan bagian dari program pemberdayaan UMKM Toko Kelontong Sampoerna menjadi lebih dari sekadar tempat belanja. Kolaborasi ini memperkuat peran Toko SRC sebagai pusat layanan publik yang mendukung pelaku usaha kecil untuk lebih profesional dan siap bermitra dengan sektor formal,” ujar Yohan Lesmana, Direktur Penjualan PT HM Sampoerna Tbk.
Tak hanya distribusi meterai, kerja sama ini juga memperluas peran Toko SRC sebagai Pos Aja Drop Point, yakni titik pengiriman dan penerimaan barang. Sejak akhir Mei 2025, sejumlah toko kelontong SRC mulai aktif melayani pengiriman barang, khususnya di wilayah yang sebelumnya belum terjangkau layanan kurir dan logistik secara optimal.
“Kami percaya program ini akan menciptakan sinergi yang mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat secara berkelanjutan. Kolaborasi ini merupakan wujud nyata langkah maju menuju Indonesia yang lebih terhubung, inklusif, dan berdaya saing,” ujar Romulus Sutanto, Direktur PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS).
Romulus juga menegaskan bahwa kolaborasi ini mendukung program pemerintah untuk memperluas akses logistik serta meningkatkan pendapatan negara dari sektor jasa keuangan.
Sementara itu, dari sisi PT Pos Indonesia (Persero), sinergi ini merupakan bagian dari misi transformasi layanan dengan pendekatan komunitas.
“Misi kami di PT Pos Indonesia (Persero) adalah memastikan semua lapisan masyarakat, termasuk UMKM di pelosok, mendapatkan layanan kurir dan logistik serta kebutuhan administrasi seperti penyediaan meterai yang asli. Dengan menggandeng jaringan Toko SRC, kami optimistis dapat menjangkau lebih banyak titik dan mempercepat pemerataan akses layanan,” jelas Endy Pattia Rahmadi, PLT Direktur Utama merangkap Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Pos Indonesia.
Kolaborasi ini turut memperkuat program UMKM Naik Kelas dan transformasi pelayanan publik berbasis komunitas. Dengan lebih dari 250.000 Toko SRC yang tersebar di seluruh Indonesia, ekosistem SRC kini menjadi garda terdepan dalam memperkuat ekonomi daerah dan membuka akses layanan publik resmi, terutama di luar wilayah perkotaan.
Sampoerna Retail Community (SRC) adalah ekosistem toko kelontong yang tergabung dalam program pembinaan kemitraan oleh PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS). Sejak diluncurkan pada tahun 2008, program ini bertujuan meningkatkan daya saing dan profesionalisme UMKM melalui pendampingan, modernisasi, serta digitalisasi.
Hingga kini, SRC telah memiliki jaringan lebih dari 250.000 Toko di seluruh Indonesia yang tergabung dalam 8.200 paguyuban dan bekerja sama dengan lebih dari 6.300 toko grosir Mitra SRC.
Editor : Suriya Mohamad Said
Artikel Terkait